Ilmu Yang Baik Adalah Yang Dibagikan

ooooooooo

Search This Blog

Saturday 13 December 2014

BENARKAH UCAPAN PRABOWO KINI TERBUKTI ?

BENARKAH UCAPAN PRABOWO KINI TERBUKTI ?
Menguji Kebenaran Ucapan Prabowo
 Mari kita uji kebenaran atau benar tidaknya apa yang diucapkan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra – Prabowo Subianto dalam sebuah kutipan di buku “Surat Untuk Sahabat” terbitan Agustus 2013, setahunan sebelum Pilpres 2014, yang berhubungan terkait dengan realita politik di hari ini usai Pilpres 2014.
Ia katakan, “Banyak kekuatan yang suka dengan pejabat-pejabat yang bisa dibeli. Tujuan utama mereka adalah meraup uang sebanyak-banyaknya – tidak peduli dengan orang lain.” (hal. 104).
Dikutipan lainnya, dikatakan, “Saat ini demokrasi kita dibajak dan sedang dirusak oleh iklim kleptokrasi, oleh berkuasanya maling-maling sebagai pejabat negara.” (hal. 107).
Mari kita uji kebenaran atau benar tidaknya tautan kedua kutipan itu menurut penilaian dan opini kita masing-masing yang terhubung dengan realita politik hari ini usai Pilpres 2014. Apakah kutipan tersebut benar-benar teruji kebenarannya dan benar adanya, atau tidak benar, jauh panggang dari api.
Persoalan benar tidaknya ucapan tersebut, pastinya akan sangat tergantung sekali sejauhmana objektivitas atau pengaruh subjektivitas penilaian dan opini kita masing-masing dengan mengatakan sejujurnya atas dasar realitas yang ada. Katakan benar, kalau itu memang benar adanya. Katakan salah, kalau itu salah bahwa kutipan tersebut meleset dan tidak benar.
Pastinya akan miris sekali rasanya bila tautan dua kutipan tersebut itu benar adanya merepresentasikan realita politik yang terjadi di hari ini yaitu pejabat-pejabat bisa dibeli, berkuasanya maling-maling sebagai pejabat negara.
Entah apa yang bakal terjadi dengan negeri gemah ripah loh jinawi ini kalau sudah begitu? Selanjutnya kalau sudah begitu, akankah pemerintahan macam ini bakal mendatangkan toto tentrem kerto rahardjo bagi rakyat? Itu pertanyaannya.
Tulisan ini hanyalah sekadar untuk mengkritisi menguji kebenaran atas benar tidaknya dari tautan dua kutipan ucapan Prabowo yang ditulis di buku “Surat Untuk Sahabat” dalam hubungannya dengan realita politik yang terjadi di hari ini. Jawabnya, ada di Anda!
* Alex Palit, citizen jurnalis “Jaringan Pewarta Independen”. Tribunnews.com

0 comments:

Post a Comment